Tuesday, 18 October 2011

“Pentingkah Tes Kecerdasan Anak???”


Lagi-lagi dapat telepon dari NFL Kalbe Nutritional Pondok Indah Mal 2, kali ini tema yang di berikan membuat saya ingin mengikuti talk shownya “Pentingkah Tes Kecerdasan Anak???” maklum namanya ibu-ibu menginginkan buah hatinya tumbuh cerdas dan sehat.

Kecerdasan ialah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan untuk berpikir, mengatasi masalah, menganalisis situasi, memahami nilai-nilai social, norma dan budaya. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ.

Dalam teori yang ditemukan oleh Howard Gardner, seorang psikolog dari Harvard University, dikatakan bahwa ada Delapan jenis Kecerdasan Dasar dalam diri setiap manusia, yaitu:

Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga mudah bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Mampu memimpin, mempengaruhi orang lain, mengorganisir dan menyelesaikan perselisihan.
Kecerdasan Intrapersonal
Kemampuan mengenal diri sendiri, mudah menerima input, mampu introspeksi diri, memiliki cita-cita yang jelas, menyukai kesendirian dan berdialog dengan diri sendiri.
Kecerdasan Logika Matematika
Kemampuan berfikir deduktif dan induktif, struktural, logika, sistematis, dan menganalisa angka-angka, memiliki ketajaman dan berspekulasi
Kecerdasan Visual Spasial
Memiliki Kemampuan atau ketajaman melihat gambar, bentuk, warna, ruang dan benda. Kemampuan daya ingta dan imajinasi yang tinggi, hasil gambar bisanya bagus dan senang membaca peta.
Kecerdasan Body Kinestetik
Memiliki kemampuan menerima informasi melalui gerakan atau terlibat dalam kegiatannya secara langsung. Memiliki energi yang tinggi seolah tidak pernah lelah.
Kecerdasan Verbal Linguistik
Memiliki keterampilan dalam mengekspresikan ide-ide melalui kata-kata baik lisan maupun tulisan. Memiliki daya ingat yang kuat dan mudah berlajar beberapa bahasa.
Kecerdasan Musikal
Memiliki kepekaan menagkap suara-suara disekitarnya. Jika bercerita menggunakan irama intonasi dan gaya bicara yang ekspresif sehigga menarik.
Kecerdasan Naturalis
Senang mengamati dan mengobservasi lingkungan alam maupun bentuk-bentuk bangunan. Senang kegiatan di alam terbuka, peka terhadap kejadian-kejadian alam.

Aifa dan Taqiy memiliki kecerdasan yang mana ya??? Hehehe…

IQ (Intelegence Quotion) atau kecerdasan intelektual merupakan skor kecerdasan berpikir seseorang yang dapat diukur melalui tes-tes yang terstandarisasi dengan tujuan untuk mengetahui tingkatan berpikir, kemampuan problem solving, atau kemampuan menyesuaikan diri.

Dari talk show yang saya ikuti, berikut saya ringkas manfaat mengetahui tingkat IQ anak,
Mengetahui kapasitas berpikir anak jika dibandingkan dengan anak-anak lain seusiannya
Mengetahui ada dan tidaknya gangguan perkembangan belajar pada anak
Mengetahui aspek-aspek perkembangan mental anak, sehingga orang tua memberikan stimulasi yang tepat
Mengetahui gaya belajar
Mengetahui sikap kerja dan belajar termasuk daya konsentrasi, ketelitian, ketahanan terhadap tekanan
Mengetahui karakter kepribadian
Dan dengan mengetahui tingkatan kecerdasan anak, orang tua dapat memilih sekolah yang tepat.
 

Pada kenyataannya anak belajar dari kehidupannya…
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi
Jika anak dibesarkan dengan cemohan, ia belajar rendah diri
Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri
Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai
Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, ia belajar menaruh kepercayaan
Jika anak dibesarkan dengan dukungan, ia belajar menyayangi
Jika anak dibesarkan dengan kasih saying, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupannya

Dan kesuksesan seorang ternyata sebanyak 80% ditentukan oleh kecerdasan emosinya (EQ), sementara kecerdasan intelektual (IQ) hanya memberikan kontribusi peran sebesar 20%.


Semoga bermanfaat……..

No comments:

Post a Comment