Thursday, 6 October 2011

Lupus


Beberapa minggu yang lalu saya menjenguk sepupu di rumah sakit Pondok Indah. Dalam dua bulan terakhir ini mengalami sakit seluruh badan, perut, sendi-sendi, dan demam. ke rumah sakit dan cek darah sudah menjadi biasa di setiap minggunya, tapi belum ada hasil yang pasti tentang penyakitnya. Setelah dirawat, ternyata………

Moniqa sakit apa tante???

Sama sekali diluar dugaan penyakit itu bisa menimpa sepupuku, wajahnya yang dulu mulus, putih, cantik sekarang muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu (butterfly rash).

Lupus (Systemic Lupus Erythematosus) adalah penyakit autoimun yang artinya sistem imun di tubuh yang seharusnya menjadi benteng untuk mencegah penyakit dari luar justru menyerang organ-organ dalam tubuh. SLE sering disebut sebagai penyakit seribu wajah karena gejala yang muncul mirip dengan penyakit lain dan bisa menyerang seluruh organ tubuh sendiri. Penyakit ini menyerang wanita subur, dan belum ada obatnya. Orang yang terkena SLE akan menanggung penyakitnya seumur hidup, tapi penyakit ini juga bisa tenang yang disebut mengalami masa remisi.

Hmm…. Ada hikmah disetiap cobaan yang Allah SWT berikan……… 


No comments:

Post a Comment