Wednesday, 19 October 2011

Music comforts me.......


Berawal dari suka mendengarkan musik. Kemudian merasa menjadi kenikmatan tersendiri ketika musik ikut menghiasi aktivitas-aktivitas saya. Saya sadari memang ketika mengerjakan tugas-tugas yang menuntut untuk berpikir, membaca, menulis, bahkan saat saya di jalan, di kereta maupun berolahraga, musik terasa lebih merilekskan pikiran.

Oke, musik….! "Musik Adalah Ungkapan Emosi" karna musik itu dapat mewakili perasaan kita, sedih, patah hati, galau (abg bangetttt...), gembira, bad mod , jatuh cinta, pada saat itu hanya musik yang dapat menjadi penghibur kita sekalian menjadi ungkapan perasaan kita (Music comforts me). Manfaat musik menurut saya bisa meningkatkan kreatifitas, mengurangi kecemasan dan stress, mengubah mood menjadi lebih positif, meningkatkan konsentrasi, rileks, membuat emosi jadi lebih positif (senang/gembira), dan bisa meningkatkan kemampuan bahasa.

Ada beberapa jenis musik yang sudah umum dikenal seperti rock, jazz, r&b, pop, klasik dan sebagainya. Dengan perkembangan musik, saat ini banyak pengelompokkan bentuk-bentuk musik. Musik jazz contohnya. Pada awalnya musik yang dimainkan oleh orang-orang Afrika yang dipekerjakan di Amerika itu diberi batasan sebagai musik yang terdiri dari elemen musik blues, klasik dan marching. Tetapi pada perkembangan selanjutnya berbagai macam elemen musik lainnya masuk ke dalam musik yang dinamakan jazz.

Musik blues yang awalnya bernada sendu, menimbulkan efek blue (sendu dan depresif) pada pemain dan pendengarnya sehingga dinamakan “blues” juga menunjukkan perkembangan. Pada perkembangan selanjutnya banyak lagu blues yang bernada riang dan menimbulkan efek riang pada pemain dan pendengarnya. Bahkan, musik blues kemudian melahirkan musik riang bertempo cepat yang dikenal dengan sebutan “rock & roll.”

Begitu juga pada musik rock. Dari penampilan awalnya yang terkesan keras, menghentak dan menggoda pendengarnya untuk bergoyang, musik ini diberi nama rock. Dalam bahasa Inggris rock berarti karang atau cadas. Tapi belakangan muncul slow rock yang melankolik dan pop rock yang terdengar manis di kuping. Penamaan rock pun bergeser lagi artinya.

Apapun jenis musik, musik sudah menjadi bagian dalam hidup saya (life style). Setidaknya dengan mendengarkan musik, paling tidak saya sudah melakukan senam otak kanan hahahaha……

No comments:

Post a Comment